Home PageFaqTips dan Saran Sewa

Tips dan Saran Sewa

9 tips dan saran bagaimana cara melakukan sewa agar segala hal menjadi lancar dan tidak ada kendala

Tips 1 - Pahami aturan main

Yang paling utama anda melakukan sewa adalah anda membaca semua aturan Umum atau dapat dibilang aturan main dari tempat anda meminjam atau sewa peralatan, hal ini sangat penting dikarenakan tiap tempat sewa atau tempat rental mungkin saja memiliki Peraturan yang berbeda beda dan anda janganlah saling membandingkan antara rental satu dengan yang lainnya.

Tips 2 - Jujur & Koperatif

Cobalah berkerjasama dengan Pihak Rental untuk menyelesaikan data Administratif agar Pihak rental juga bisa bekerja dengan maksimal, jika anda dapat pekerjaan yang mendadak cobalah mencari solusi dengan pihak rental bukannya anda ingin melakukan sesuai yang anda inginkan.

Tips 3 - Pengecekan alat

Cobalah Konsultasi mengenai fungsi peralatan dan jika anda ada waktu dapat sesekali mengecek alat tersebut secara langsung.

Tips 4 - Pahami sedikitnya peralatan

Jangan anda sesekali menanyakan kepada pihak Rental/SEWA (BERBEDA DENGAN PENJUAL ALAT yah..) adalah sesuatu yang bukan spesifik sebuah peralatan misal anda menanyakan “Berapa Lampu yang harus saya gunakan..??” atau ” Saya ingin produksi foto, saya perlunya apa aja yah..?? , karena mungkin saja anda menanyakan orang yang tepat sehingga hasil yang anda kerjakan jadi bagus, namun jika Salah Orang maka hasil yang anda buat jadi Berantakan, cobalah anda konsultasi dengan Pihak teknis support, kameramen, dop, fotografer anda. Namun jika anda adalah pengguna peralatan langsung maka pihak rental biasanya hanya memberi masukkan saja dan jangan dianggap paling benar, karena yang mengetahui secara spesifik tentang konsep dan keperluan adalah si pengguna peralatan tersebut (Fotografer, DOP, Technical Director)

Tips 5 - Jangan Malu Bertanya

  • Jika dalam pekerjaan Produksi AudioVideo dan Fotografi anda BUKANLAH SEORANG BERGERAK DIBIDANG TEKNIS ( FOTOGRAFER, DOP, KAMERAMEN, TECHNICAL) melainkan sebagai producer, EO, dll, dan memang BARU dalam sewa menyewa apalagi melakukan produksi Audio Video maupun Fotografi, Maka kami sarankan anda menarik seorang Technical atau Praktisi untuk mengatasi segala kebutuhan anda, dan biarlah orang technikal tersebut bekomunikasi dengan pihak rental (biar Bicaranya Nyambung).  Jika anda tidak punya crew technical maka kami sarankan menggunakan jasa rental beserta CREW nya karena rental biasanya telah memiliki Crew yang sudah terbiasa dengan alat tersebut dan mengetahui apa saja yang dibutuhkan, DAN jika anda terpentok masalah budget Crew dan anda harus merekrut crew sendiri maka cobalah anda baca Aturan Umum rental kembali ( Atau menanyakan Pihak Administrasi tentang Peraturan sewa pada umumnya, Bukan administrasi yang bilang ke anda sehingga Jangan anda sok paham dan memberikan keputusan sendiri ) karena agar anda mengetahui permainannya dan tidak ada dikemudian hari saling menyalahkan, Dengan Artian anda WAJIB mengetahui Apa itu sebuah Produksi FOTO, Video, fungsinya Crew, dan apa Fungsi Rental.

Contoh Sederhana : misal Anda menyewa kamera foto Digital atau kamera video sony yang menggunakan data file atau memori card untuk perekaman, nah biasanya di produksi Video atau Foto ada seorang Loader atau Asisten Foto yang bertugas mentransfer data hasil rekaman ke Laptop ANDA atau Hard disk ANDA, namun karena anda baru dalam pekerjaan ini maka anda tidak menyiapkan jasa loader dan Hardisknya, sehingga data file hasil rekaman tersebut masih didalam memory card, LAPTOP milik RENTAL atau Data Storage si Rental tersebut, dan tanpa bertanya dengan Pihak administrasi maka anda berpikir ini adalah tanggungjawab dari Rental untuk menyimpan data file rekaman ini, maka setelah selesai pekerjaan anda tidak mentransferkannya ke Harddisk anda, Bilang ke rental pun tidak,   Padahal si Rental ketika alat sudah selesai digunakan maka harus diputar atau disewakan si kamera foto maupun kamera video tersebut ke setiap orang lain yang membutuhkan, karena memang itulah tugasnya dan bisnisnya.  Lalu bagaimana dengan file anda..??

Sarannya : adalah menanyakan kepada Pihak Administrasi (bukan Pengawal alat, Orang Gudang dll) bagaimana peraturannya agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan, maka pihak administrasi rental dengan senang hati memberitahukan jalur dengan sebaik baiknya ataupun jika anda kepepet saya sarankan minta tolonglah ke PIHAK ADMINISTRASI untuk disimpan file tersebut di tempat rental (dan diambil biasanya tidak lebih dari 3-5 hari), itupun anda harus telepon dulu sebelum peralatan diserahkan, kasih informasi ke mereka, saya yakin rental akan Backup untuk anda, namun ini biasanya bersifat membantu pelanggan saja, tapi ingat itupun anda harus menelepon mereka biar mereka juga tahu, jangan diem-diem aja.

Disini berarti anda harus memahami apa saja yang diperlukan dalam sebuah produksi Video maupun Fotografi, Fungsi dari seorang Crew, Producer dan Rental yang cuma sekedar memberi support peralatan yang dibutuhkan produksi dan bukan mengerjakan Tugas seorang CREW.

Tips 6 - Semua Tertulis

Jika anda dijanjikan sesuatu dari pihak rental maka mintalah secara tertulis didalam invoice yang diberikan, karena rental bekerja bukan orang sendirian ada bagian lain yang ikut andil dalam menyiapkan peralatan anda. sehingga orang lain ini dapat bekerja berdasarkan surat jalan yang telah disiapkan. Jangan pernah menuntut sesuatu yang tidak tertulis karena itu tidak dapat dipertanggungjawabkan. Dan membuat jengkel aja di kedua belah pihak.

Tips 7 - Double Cek

Cobalah lakukan pengecekan peralatan yang mau disewa dan disaksikan orang dari pihak rental agar anda mengetahui kondisi barang yang sebenarnya sejak diambil nya barang itu, jadi ketika dipulangkan juga dalam kondisi yang sama. Namun Jika ada komplain tentang alat maka disarankan anda menelepon pihak adminstrasi ( orang yang menyewakan) pada saat produksi tersebut sedang berjalan sehingga bisa dicari solusinya misal ditukar dengan alat sejenis, service dll , tapi janganlah anda komplain disaat pekerjaan tersebut telah selesai, kecuali sebagai masukkan dan saran saja.

Tips 8 - Jangan jadi Perusak

Gunakanlah peralatan dengan sebaik baiknya jangan pernah mencoba memperbaiki peralatan karena dikhawatirkan akan rusak lebih parah, cobalah dipulangkan dan dikonsultasikan ke pihak administratif.

Tips 9 - Bersosialisasi

Berusahalah menjadi teman yang baik dengan Orang administrasi ataupun orang didalam rental tersebut, karena jika anda bisa berteman maka saya yakin anda akan lebih mudah dalam menyiapkan peralatan dan enak kalo ada apa-apa.

INI adalah Tips saran untuk anda ingin sewa dimana pun rental yang anda inginkan agar kedua belah pihak bisa lancaaaarr…… Pisss… BROO….